Minggu, 02 Agustus 2015

Tips dan Trik Belajar & Kerja di Australia



   Hallo buat agan yang sedang/mau membaca artikel ini :v, kali ini mimin mau meng-share sebuah artikel yang sangat penting buat para calon mahasiswa yang akan mencari ilmu dan pengalaman di negeri tetangga yaitu . . Australia.

   Agan perlu tahu kalau Australia merupakan sebuah negara yang bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang memiliki perekonomian, keamanan, dan pendidikan yang sangat baik di tingkat internasional. Itu sebabnya jika agan yang sudah ada di Australia pasti banyak menemukan calon teman-teman agan yang juga berasal dari luar Australia seperti Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, China, Taiwan, India, dan sedikit orang yang berasal dari benua Amerika, Afrika, dan Eropa. Daerah yang bisa dibilang kota pendidikan oleh orang-orang seperti kita adalah kota Sydney, jadi jika agan sudah berangkat pasti sampainya di Sydney walaupun kadang-kadang jika kita sudah lama disana kita bisa bekerja di daerah lain tapi Sydney adalah kota pertama yang harus agan injakan kaki untuk memulai petualangan agan untuk mencari ilmu dan pengalaman bekerja.
   Nah, sebelum mimin beritahukan tips dan triknya, ada baiknya mimin memberikan apa-apa saja yang perlu agan ketahui sebelum ke Australia karena Indonesia dan Australia merupakan 2 negara yang dimana sistem di dalamnya sangat berbeda, termasuk lingkungan sosial, fasilitas, dan keadaan lingkungan disana, inilah yang perlu agan ketahui :

  • Jam kerja dalam seminggu maksimal 20 jam, jadi jika dihitung-hitung sehari kurang lebih 3 jam, beda dengan di Indo yang jam kerjanya 1 hari 8 jam.
  • Cuaca di Australia menggunakan 4 musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan musim salju. Beda dengan Indonesia yang punya 2 musim yaitu musim kemarau dan hujan. Bagi yang masih belum mengerti ke empat musim diatas . . huh . .baiklah mimin jelaskan secara singkat, musim semi bisa dikatakan mirip-mirip musim hujan di indonesia, musim panas bisa dibilang mirip-mirip musim kemarau di indonesia bedanya adalah musim panas benar-benar panaass dibandingkan indonesia, musim gugur adalah musim yang dikatakan musim campuran antara semi dan salju tapi belum turun salju lho hanya cuacanya yang dingin walaupun tidak sedingin musim salju, nah kalau musim salju sudah pasti agan tahu :D
  • Harga motor di Australia adalah harga yang paling mahal dibandingkan harga mobil disana, kebalikan dari Indonesia dong.
  • Apartment disana bisa dikatakan "tempat kost" oleh warga Aussie walaupun ruangan apartment nya 3 kali lipat dibandingkan ruangan kost di indo, kalau di indo kan apartment adalah tempat khusus kelas atas layaknya hotel.
  • Di Aussie jaraaangg sekali ada yang namanya mati lampu, jadi tidak perlu bawa senter, namun jika agan orangnya khawatir tingkat dewa . .  cukup bawa 1 senter dan ukuran nya tidak besar.
  • Bentuk colokan listrik disana bukan seperti di Indonesia, jika di indonesia biasanya kita selalu menemukan colokan dengan 2 lubang, di Aussie malah ada 3 lubang ( kalau agan ada laptop pasti tahu colokan yang ada 3 lubang seperti apa )
  • Jarang sekali ada kemacetan di jalan raya, tidak ada yang namanya balapan liar, dan razia besar kendaraan disana karena tata tertib jalan raya disana sangat baik.
  • Tenaga kerja disana sangat disiplin dan kompeten, jadi agan harus benar-benar belajar disiplin dan mampu berkompeten agar agan mudah beradaptasi di lingkungan kerja dan betah disana.
   Sebenarnya sih masih banyak yang perlu agan ketahui, namun agan bisa cari sendiri di Google karena yang mimin berikan merupakan info yang dianggap penting buat agan sebelum berangkat kesana. Baiklah tanpa basa basi inilah tips dan trik buat agan yang akan ke Aussie untuk belajar dan kerja di Australia :
  • Utamakan disiplin waktu. Walaupun jam kerja dibatasi buat agan yang berstatus mahasiswa disana namun perlu agan tahu kalau agan disana tanpa keluarga bearti agan harus benar-benar mandiri karena Aussie bukan seperti Indo. Disiplin waktu sangat penting baik dalam perguruan tinggi maupun dalam lingkungan kerja agan, telat sedikit sudah membuat agan malu lhoo . .
  • Pandai hemat uang. Uang disana berbeda dengan uang Indo, walaupun upah agan jika dihitung dalam Rupiah cukup besar, namun bagi masyarakat Aussie upah agan itu sangat kecil dan dipastikan agan kesulitan membeli barang disana jika agan suka memboros terutama membeli barang yang tidak penting. Pandai-pandai menyisakan uang agan yang nantinya buat membayar sewa apartment, listrik, kuliah, dan biaya lain nya dan juga diharapkan agan jangan jajan diluar jika lapar, belilah sayur, daging, dan bahan lain nya yang nantinya agan masak dirumah biar hemat. Intinya agan harus hemat atau agan akan benar-benar kesulitan dalam keuangan dan menyesal dikemudian hari.
  • Jangan malu berbicara. Terkadang saat baru pertama menginjakan kaki di Aussie pasti agan akan mengalami yang namanya "Malu Berbicara" terutama agan yang kurang dalam berbahasa Inggris. Wajar saja karena di negeri bukan kelahiran agan namun jika agan diam saja agan pasti akan kesusahan. Makanya sebelum agan akan berangkat, pastikan ada 1 atau 2 teman agan yang kebetulan sudah berada disana dan agan bisa menghubungi mereka sebelum agan berangkat ke Aussie dan mereka pasti akan bantu agan dalam hal petunjuk disana, atau jika agan tidak punya teman disana, pastikan agan memiliki kontak dengan pihak yang membina agan dalam perjalanan ke Aussie . . soalnya kan dia pasti bisa membantu agan.
  • Cepat-cepat beradaptasi. Ya . . ini adalah hal yang penting setelah agan berada di lingkungan Aussie karena agan yang sudah terbiasa dengan lingkungan di Indo akan merasakan banyak perbedaan disana, nah jika agan sudah menyadarinya segera beradaptasi dan jangan keras kepala karena jika agan tidak bisa beradaptasi dengan cepat dipastikan agan susah berkembang disana dan akan membuat masalah jika agan membawa kebiasaan buruk dari Indonesia.
  • Segera menguasai Bahasa Inggris. Ini adalah tips yang penting dan penting sekali, why?? Karena disana bahasa yang dipakai adalah bahasa Inggis, jika agan yang kurang pandai berbicara bahasa inggris pasti kebingungan dengan petunjuk atau informasi yang menggunakan bahasa tersebut, untuk awal-awal agan pastinya masih ditemani pembina agan di Aussie namun secepatnya agan harus cari teman yang kebetulan orang Indo dan sudah cukup lama disana dan cobalah minta diajari bahasa Inggris dengan lancar. Jangan takut minta diajari asalkan jangan minta duit  . . haha :D soalnya teman yang kebetulan satu negeri pasti akan membantu agan asalkan jangan keras kepala saja.
  • Buang kebiasaan buruk agan yang dari Indonesia. Biasanya orang-orang Indo pasti punya 1 atau 2 kebiasaan buruk yang berasal dari Indo seperti malas, mengeluh, keras kepala, tidak tahu diri, suka melanggar peraturan lalu lintas, dll yang masih banyak lagi. Hindari dan buang kebiasaan tersebut karena hanya akan membuat agan dicap buruk oleh masyarakat disana dan membuat malu Indonesia juga.
  • Jangan menunda jika ada pemberitahuan mengenai Paspor, Visa, dan dokumen agan di Aussie. Ini hal penting nih buat agan jika agan sudah cukup lama atau baru di Aussie, kan biasanya nanti agan yang agan yang baru masih perlu registrasi dokumen ini itu dan perpanjangan dokumen bagi yang sudah lama di Aussie . . Jangan menunda ya, nanti susah urusnya kalo ditunda.
  • Jangan membawa barang penting yang sebenarnya tidak perlu dibawa dalam perjalanan. Contohnya paspor ( jika agan sudah punya surat pengganti paspornya ), atau uang banyak ( bawalah secukupnya ) karena kadang akan bermasalah juga jika hilang atau dicuri atau dijambret orang.
  • Intinya patuhi peraturan disana, jangan terpengaruh dengan dunia yang membuat agan berfoya-foya, jangan malas, jangan mengeluh, jangan tidak kompak dengan teman 1 apartment agan, jangan bersama dengan orang yang asing dengan kita, dan jangan bergadang disaat besoknya ada kerja dan kuliah.
   Okay itulah tips dan trik dari mimin tapi masih banyak lhoo tips dan trik nya, maka agan bisa mencarinya di Google untuk mendapatkan yang lebih lengkap karena yang mimin berikan adalah sesuatu yang penting-penting saja itulah kenapa mimin ingin agan juga mencari informasi dari situs lain biar agan bisa berusaha mencari biar agan mendapat ilmu persiapan sebelum berangkat.

   Okay, terima kasih atas perhatian nya dan bagi yang akan berangkat mimin doakan semoga selamat sampai tujuan dan lancar-lancar agan disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar