Jumat, 31 Juli 2015

6 Kejadian Pada Tubuh Manusia Setelah Mengkonsumsi 1 Kaleng Minuman Soda




   Ehem . . ehem . . Hallo sobat, jumpa lagi dengan mimin yang akan meng-sharekan sebuah artikel yang kayaknya lebih berkaitan dengan kesehatan daripada game hari ini. Agan pasti sudah pernah meminum Coca-Cola, Sprite, Fanta, Tebs atau Big Cola yang pokoknya 1 keluarga sama "minuman soda" deh.

   Minuman soda merupakan jenis minuman yang cukup populer di Indonesia dengan golongan yang dominan menyukai minuman seperti ini adalah golongan anak muda dan ekonominya antara kelas menengah dan atas. Kehadirannya yang dengan mudah ditemukan dalam berbagai macam pesta ( baik pernikahan atau ulang tahun), restoran, bahkan toko minuman, membuatnya cukup populer di kalangan anak muda. Rasanya yang manis dengan sensasi soda yang membuat lidah menggelitik juga membuat memiliki banyak penggemar. Mimin sendiri adalah pengecualian, karena mimin sendiri jarang sekali mengkonsumsi minuman bersoda . . paling 1 atau 2 bulan sekali mimin mengkonsumsinya karena mimin tahu bahwa kerugian yang di dapat oleh tubuh lebih besar daripada manfaat lhoo. Why? Mari kita simak info artikel ini yang berkaitan dengan alasan mimin tadi.

   Perlu agan catat bahwa jika di Indonesia minuman seperti ini dianggap minuman kelas menengah hingga atas malah diluar negeri terutama negara maju . . minuman soda adalah minuman untuk golongan kelas bawah. Tahukah agan bahwa ada banyak hal yang terjadi dalam tubuh setelah minum sekaleng soda seperti penjelasan berikut ini :


  • 10 Menit pasca meminum habis 1 kaleng Soda
   Sekitar 10 menit pertama setelah minum 1 kaleng soda, ada kurang lebih 10 sendok teh gula yang masuk dalam tubuh Anda. Porsi gula ini sesuai dengan ambang alias melebihi batas maksimal dari konsumsi gula harian agan. Sehingga agan disarankan untuk tidak mengonsumsi lagi makanan yang mengandung gula. So, jangan coba-coba terbiasa mengkonsumsi makanan yang manis-manis jika agan sudah meminum 1 kaleng soda atau agan akan mudah terkena diabetes atau masalah ginjal, agan tahu kan kalo biaya untuk penyakit seperti itu bisa menguras harta agan dalam waktu cukup singkat.

   Dalam 10 menit pertama, agan tidak akan langsung mengalami mual karena rasa manisnya sebab kandungan Asam Fosfor dari soda mampu menetralisirnya.
  • 20 Menit
   Kemudian di 10 menit kedua, kandungan zat gula dalam tubuh akan langsung meningkat dan membuat insulin bekerja keras dalam mencernanya. Kemudian hati anda akan mengubahnya menjadi lemak.
  • 40 Menit
   Selain mengandung zat gula, minuman bersoda juga mengandung kafein. Kafein ini kemudian diserap dalam tubuh secara menyeluruh yang membuat pupil mata membesar, tekanan darah meningkat, dan membuat Anda selalu terjaga.
  • 45 Menit
   Kafein akan membuat Hormon Dopamin aktif diproduksi yang memiliki efek sama dengan Heroin, namun perlu agan catat bahwa efek Dopamin ada yang positif dan ada yang negatif. efek positifnya adalah memberikan kita motivasi dan konsentrasi untuk melakukan sesuatu, sehingga ia dikatakan sebagai "hormon motivasi". Dan pada jalur ini juga efek Dopamin membuat kita bisa jatuh cinta, memiliki dorongan seksual, dan yang berperan saat kita kecanduan akan sesuatu, sehingga hormon dopamin dikatakan juga sebagai "hormon candu". Nah kalau efek negatifnya adalah keburukan dari efek positifnya seperti motivasi melakukan kejahatan dan kecanduan rokok, alkohol dan atau narkoba. Jadi gunakan aktivitas agan lebih banyak dengan hal yang positif agar efek Dopamin dapat berguna untuk agan.
  • 60 Menit
   Dalam waktu sejam setelah minum soda, kandungan Kalsium, Magnesium, dan Zat besi dalam tubuh diikat oleh Asam fosfor. Hal ini diperparah pula dengan tingginya gula dan pemanis buatan dalam soda yang membuat frekuensi produksi air kencing meningkat. Sehingga tak jarang setelah minum soda, justru Anda merasa haus. Jadi disarankan setelah agan minum minuman bersoda, minum air putih segelas untuk mengatasi agan cepat haus dan jangan meminum minuman bersoda lagi atau agan akan semakin haus.

  • Lebih dari 60 menit
   Seiring dengan seringnya Anda kencing, maka kalsium, magnesium, dan zat besi yang tadinya diikat juga akan luruh di dalam air kencing Anda. Anda bisa kehilangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Itu sebabnya kadang keseringan meminum minuman bersoda besoknya agan akan mengalami yang namanya panas dalam mulai dari sariawan hingga sakit tenggorokan.

Selain efek tersebut, banyak minum soda juga akan memperlambat sistem metabolisme tubuh agan dan agan akan semakin senang mengonsumsi makanan manis. Akibatnya, tubuh terasa berat ( jika jangka panjang bisa membuat tubuh agan menjadi gemuk) dan Anda jadi sering mengantuk ( jadi jangan coba-coba meminum minuman bersoda saat sedang mengemudikan kendaraan ).

   Okay itulah informasi yang bisa mimin sampai kan hari ini, jika ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar dibawah artikel ini agar agan mengerti apa yang mimin sampaikan dalam artikel ini. Terima kasih yang udah baca dan sampai ketemu di artikel berikutnya !! xD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar